Senin, 18 Oktober 2010

Cara Menghitung Besarnya Bandwidth Bulanan

Cara Menghitung Besarnya Bandwidth Bulanan

Blogger yang menggunakan hosting berbayar umumnya menaruh perhatian terhadap kapasitas bandwidth. Hal ini karena bandwidth berpengaruh terhadap kinerja blog. Apa sih bandwidth itu? Bagaimana cara mengetahui besarnya bandwidth yang dibutuhkan tiap bulannya?
Dalam konteks ukuran web, bandwidth (lebar pita) adalah jumlah data yang ditransferkan antara server yang meng-hosting blog dengan komputer yang digunakan untuk membuka halaman blog. Penting diketahui, halaman di sini merujuk ke halaman dan postingan blog.
Perhitungan bandwidth bulanan
Besarnya bandwidth yang dibutuhkan sebuah blog tiap bulannya dipengaruhi oleh ukuran halaman (U), jumlah pengunjung unik (PU), dan jumlah halaman yang dibuka masing-masing pengunjung unik (PV). Persamaannya seperti berikut:
Bandwith bulanan= U x PU x PV
Ukuran halaman blog dinyatakan dalam Kilobytes (KB), di mana 1 KB sama dengan 1.024 bytes.
Untuk menghitung bandwidth bulanan, saya mengambil contoh trafik Blogotainmen yang bulan lalu mancapai lebih 600 ribu page views. Ukuran rata-rata halaman blog tersebut diasumsikan 100 KB. Blog hiburan ini dikunjungi 60.000 pengunjung unik, dan masing-masing pengunjung itu membuka 7 halaman.
Maka besarnya bandwidth yang digunakan adalah:
Bandwidth bulanan = 100 KB x 60.000 x 7 = 42.000.000 KB
Jika dibagi 1.024, maka 42 juta KB sama dengan  41.015 MB. Jika jumlah ini dibagi kembali dengan 1.024, maka 41.015 MB sama dengan 40,05 GB.
Seperti yang Anda lihat, bulan lalu Blogotainmen memerlukan bandwidth sebesar 40 GB. Untungnya hosting yang saya gunakan kapasitasnya besar, sehingga blog hiburan ini tidak mengalami gangguan.
Semoga perhitungan bandwidth di atas membantu Anda menentukan paket hosting yang mau dibeli atau menghitung bandwith bulanan blog berbayar Anda sekarang.

Postingan Terkait

1 komentar:

  1. this is not calculating the crawler that affecting the bandwidth.. ermmm like i experience ermm

    BalasHapus